Tutorial Semudge painting dan blending color di Android

?
         DI pertemuan kal ini saya masih membahas seputar seni digital khusus nya di Android, karna banyak sekali teman teman yang menanyakan cara atau tutorial untuk membuat Smudge  serta belending color nya kepada saya, hingga saya harus membuat tutorialnya demi membantu temen temen yang masih kesulitan membuat smudge painting di Android.

         Disini saya akan menjelaskan cara menggunakan kuas atau brush smudge dan proses blending colornya lengkap dengan gambar bahkan saya membuat videonya agar mudah dicerna dan di pahami bagi pemula, memang sepintas terlihat mudah sekali, tapi nyata cobain aja sendiri,,,, apalagi pas pertama mencoba,, biasanya gosokannya awut awutan atau bentuk aslinya jadi berubah 50 derajat,, itu pengalaman saya dulu pas pertama kali mencoba sampai sampai saya tidak mengenali wajah saya sendiri sesudah di smudge he he,,,

         Bagi kalian yang sudah lama bekecipung di dunia desain grafis pasti sudah tidak asing lagi dengan tehnik melukis yang satu ini,, karna tool smudge ini terdapat pada software photoshop yang saat ini banyak digunakan oleh para desainer gerafis selain software correlldraw, walau beberapa desainer jarang menggunakan tool smudge, tapi pastinya sudah sangat mengenalnya.

         Sebelum ke pembahasan yang utama, mungkin masih banyak diantara kalian yang belum mengenal smudge painting, terutama bagi pemula yang baru terjun ke dunia editing foto entah itu di android maupun di PC, jadi alangkah baiknya kalian kenalan dulu dengan seni yang satu ini, dan disini saya jelaskan sedikit pengertian tentang Smudge painting.

Apa sih Smudge painting itu,,??

         Pengertia Smudge painting: Smudge painting adalah sebuah karya seni lukis yang dituangkan kedalam bentuk Desain grafis,  jadi pada dasarnya Semudge painting bisa dikatakan mirip dengan lukisan, tapi pada umum nya seni lukis ini dibuat dalam sebuah perangkat lunak atau software seperti Photoshop, dikarnakan hampir seluruh  proses pembuatanya menggunakan tool dan goresan smudge, jadi orang orang menyebutnya seni smudge painting, dan itulah sedikit penjelasan tentang smudge painting.

         Lalu bagai mana bila kalian tidak mempunyai PC atau laptop, tenang saja,, ga usah khawatir kalian tak perlu menggunakan PC atau laptop, karna sekarang kalian dapat membuatnya hanya dengan menggunakan sebuah perangkat smartphone berbasis Android atau iOS, dan tutorial yang akan saya jelaskan disini proses cara pembuatan smudge menggunakan Android.

         Seiring berkembangnya tekhnologi yang semakin maju, hanya dengan modal HP android kini kalian sudah bisa menyalurkan seni dan kreatifitas yang kalian miliki seputar dunia seni dan desain grafis, tentunya melalui sebuah aplikasi drawing dan desain ponsel yang bernama Autodesk Sketchbook, dan hebatnya lagi aplikasi ini disediakan secara geratis di google playstore untuk pengguna android, atau App Store bagi pengguna iPhone.

         Walaupun pada dasarnya smudge itu membuat foto atau gambar jadi seperti lukisan dengan tool/kuas smudge, tapi bukan berarti hanya sekedar mengores gores atau kalau di Android orang orang menyebutnya menggosok dengan kuas saja, tapi kalian bisa berbuat lebih sesuai kreatifitas dan kemampuan kalian, salasatunya seperti menambahkan tehnik blending color.

         Dengan memadukan Smudge painting dan blending color gambar yang dihasilkan semakin menarik dan terlihat lembut, atau ada juga yang jadi kinclong, tapi sebenarnya itu semua kembali lagi kepada selera masing masing, karna setiap orang mempunyai selera yang berbeda beda, ada yang menyukai Smudge halus dan lembut, ada yang menyukai  tehnik smudge kasar, ada yang menyukai smudge yang bekas goresan kuasnya terlihat, bahkan ada pula yang di blending 2 sampai 3 kali agar kinclong.

         Sedangkan tutorial yang akan saya jelaskan disini menggunakan tehnik smudge dan satu kali blending color, agar hasilnya halus dan lembut namun Smudge paintingnya tetap terlihat, namun bila kalian ingin yang simpel dan cepat, tinggal di kasih efek HDR atau ketajaman di Picsart atau Picsaypro, tapi saya lebih suka menggunakan Snapsed, lalu kalian tinggal menggosoknya di Sketchbook.

Berikut ini adalah contoh hasil Smudge Painting buatan saya.


Tutorial Semudge painting dan blending color di Android Sketcbook


Sekarang kita mulai saja tutorialnya,,

Bahan-Bahan :
  1. Handphone
  2. aplikasi snapsed dan skectbook
  3. pic yg mau di edit
  4. rokok & kopi 😂😂😂😂
Langkah-Langkah :

Buka aplikasi Snapsednya lalu masukan fotonya, bila sudah ikuti petunjuknya dibawah ini.
1. Klik icon ( + )
2. Pilih Detail
3. Tambahkan detailnya sampai 100 %. caranya usap ke arah kanan pada foto, kemudian centang,
4. Tambahkan detailnya sekali lagi, cukup 30 sampai 50 % aja. lalu save


Tutorial Semudge painting dan blending color di Android Sketcbook


Langkah Kedua
Sekarang buka aplikasi Sketchbooknya, kalian jangan bingung ya dengan tampilan Sketchbook yang saya gunakan, karna saya menggunakan sketchbook transparant hasil modifikasi Wawan Art, namun versi dan fiturnya sama dengan sketchbook yang ada di Playstore cuma beda tampilan saja, sekarang masuk ketahap blending dan ikuti lagi petunjuknya dibawah ini.
1. Klik pada layer kosong, hingga muncul pop up pilihan
2. Pilih Blending.
3. Pilih Color
4. Klik icon warna 4 kotak dipojok kiri atas untuk menampilkan palet warna.

Tutorial Semudge painting dan blending color di Android Sketcbook

Lanjutkan untuk memilih warna blending.
1. Pilih warna yang diberi petunjuk, atau bila kalian punya selera sendiri terserah.
2. Warnai bagian kulit saja, seperti wajah tangan dan badan.
3. Hapus blending pada bagian mata alis dan mulut termasuk bibirnya.
4. Blending lagi bagian baju dengan warna yang berbeda, yang pentik cocok/serasi, bila sudah langsung di merge atau disatukan dengan layer foto.

Tutorial Semudge painting dan blending color di Android Sketcbook


Langkah Ketiga.
Dilangkah yang ketiga ini, saatnya kita masuk ke tahap Smudge Painting, ikuti saja intruksinya di bawah ini.
1. Oprasinya pindah ke layer foto.
2. Pilih Brush kuas Smudge yang ke empat.
3. Atur ukuran brushnya. mulai usap usap/gosok" pada bagian wajah dan badan.
4. Untuk menggosok bagian yang sempit  seperi mata, gunakan Brush smudge yang no 2, atur size nya.

Tutorial Semudge painting dan blending color di Android Sketcbook


Bila menggosoknya  sudah selesai, kalian warnai baian mata, alis dan bibir dengan warna yang serasi/cocok, di layer yang baru lalu haluskan lagi dengan brush smudge yang paling kecil biar rapih, bila sudah langsumg di Merge/disatukan dengan layer  foto nya.
Sekarang kita buat backgroundhnya hapus dulu latar background fotonya.
1. Buat layer baru utnuk bacgroundh, dan pindahkan kebawah layer foto,
2. Hasilnya seperti  schreenshoot gambar dibawah ini.

Tutorial Semudge painting dan blending color di Android Sketcbook



Mungkin bagi pemula tutorial diatas pasti sedikit kebingungan, saya memakluminya karna tutorial smudge dengan gambar saja tidak cukup bagi pemula, akan tetapi setidaknya tutorial diatas sedikit memberikan pencerahan dari tool dan pungsinya, namun kalian tenang saja, bagi kalian yang ingin serius belajar smudge painting dii android, saya sudah siapkan Video tutorialnya berikut ini.
thanks : http://www.gubuk-ane.com

Artikel Terkait


Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Add Your Comments

bold <b></b>
italic <i></i>
underline <u></u>
HTML <code></code> use Parser
strikethrought <strike></strike>

Emoticon
Parser
Out Of Topic
😊
😉
😀
😁
😎
😍
😜
😑
😇
💖
😯
😱
😭
👍
🍻

Disqus
Tambahkan komentar Anda

3 komentar

Mantap gans, foto ane jadi lebih cakep :D

Balas
avatar
? Admin

hhhhh .. agan bisa aja :v

Balas

Wah,,, wahh,,,, Langsung coba gan

Balas